Senin, 29 Februari 2016

Mengenal Apa itu Tes Potensial Akademik?

Sebelum mengerjakan soal USM PKN STAN ada baiknya kita mengenal dahulu jenis soal apa yang akan diteskan. Ada 2 jenis soal yang akan diteskan di USM PKN STAN yaitu : TES POTENSIAL AKADEMIK (TPA) dan TES BAHASA INGGRIS (TBI).

Untuk kesempatan kali ini kaka akan sedikit membahas apa itu Tes Potensial Akademik. Yuk dimulaii...

Apa itu Tes Potensial Akademik?

Tes Pontensial Akademik atau yang biasa kita singkat menjadi TPA adalah tes psikologi yang dapat mengungkap apa saja yang telah dicapai oleh seseorang dalam hal ini secara intelektual. Tinggi atau Rendahnya nilai TPA sering juga dihubungkan dengan tinggi/rendahnya tingkat kecerdasan karena mengungkap kualitas intelektual. 

Kenapa STAN mengunakan TPA sebagai tesnya?

Menurut kaka sih, pekerjaan dibawah kementerian keuangan itu sangat membutuhkan ke-intelektual-an yang tinggi dan secara psikologi TPA dipercaya dapat digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan masalah yang bersifat intelektual. Mungkin itu alasanya. Lagi pula memang TPA sudah biasa digunakan juga untuk seleksi pimpinan suatu institusi, tes masuk universitas dan CPNS.

Apa saja yang ada di dalam soal TPA?

TPA terdiri dari 3 jenis soal tes, yaitu :
Tes Verbal
Tes ini meliputi tes sinonim (Persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata, tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), serta tes logika certa. Gunanya adalah untuk mengukur kegesitan mental seseorang dalam bidang kata dan bahasa.
Tes Angka
Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Guna tes ini adalah untuk mengukur kegesitan mental seseorang di bidang angka dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis.
Tes Figural
Tes figural berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang berurusan dengan gambar, simbol dan digram. Tes ini meliputi tes logika diagram.

Bab apa saja yang ada di dalam soal TPA?

Beberapa bab yang dibahas meliputi:
- Bilangan Bulat dan Pecahan
- Akar Pangkat Rasional
- Sinonim dan pengelompokan
- Analogi, Wacana, persamaan dan pertidaksamaan
- Bidang Datar dan Bangun Ruang
- Waktu Jarak dan Kecepatan
- Perbandingan Skla dan Kesebangunan serta Himpunan
- Logical Reasoning (Analogi Argumen)
- Hitung Dagang dan Persentase
- Peluang dan Umur
- Statistika
- Pola Barisan Bilangan dan Huruf
- Baris dan Deret Aritmatika
- Analitical Reasoning
- Persamaan Garis Lurus
- Tabel dan Grafik, Deret Gambar

Bagaimana cara agar bisa lulus Tes Potensial Akademik kak?

Ya, dipelajari dong hehe Sering latihan soal dan harus rutin. Atau kalau masih susah juga Smartpro Education punya program bimbingan yang bisa membantu kamu buat lulus di semua Tes USM PKN STAN :) Penasaran???? Cek ajah programnya disini :)

Ada pepatah yang mengatakan "Tak kenal maka tak lulus". Maka dari itu ayo kenali soalmu, pelajari, hadapi, dan Lulus!!!



Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *